7/15/20170811224419

6 tips merawat lantai kayu agar awet dan tetap terjaga keasliannya

8 tips merawat lantai kayu agar awet dan tetap terjaga keasliannya
Pada decade ini, Rumah banyak mengaplikasikan kayu sebagai pelapis lantainya. Alasannya untuk menghadirkan kesan alami dalam ruangan rumah, sekaligus pemberi efek hangat, menambah keindahanan dan kesejukan ruangan pada hunian.

6 tips merawat lantai kayu agar awet dan tetap terjaga keasliannya

Penggunaanlantai kayu umumnya berada di, ruang keluarga, kamar tidur, tangga  dan tidak terkecuali di dapur dan dihalaman ataupun juga samping kolam berenang yang biasa disebut Decking. Kayu parket yang bersifat natural mampu berbaur dengan tema ruangan yang bervariatif seperti minimalis, klasik dan kontemporer.

Sebetulnya, perawatan lantai kayu parket sam seperti lantai pada umumnya yaitu dijaga kebersihannya. Karena memang perusahaan penyedia lantai kayu parket khususnya kami telah mendesain lantai kayu agar kuat kokoh dan awet dalam kondisi apapun.

Namun, bagi anda yang menginginkan lantai kayu lebih Awet dan lebih Tahan Lama, bisa mengikuti langkah-langkah perawatan dibawah ini agar kesan indah dan alami kayu bisa tetap terjaga.

Rajin-rajinlah disapukan

6 tips merawat lantai kayu agar awet dan tetap terjaga keasliannya

Lantai kayu parket juga membutuhkan dibersihkan sama seperti jenis pelapis lantai lain seperti keramik, kayu parket juga harus disapu setiap hari. Ini sudah jelas agar debu dan kotoran tidak menumpuk di permukaan.Sebaiknya, sapulah menggunakan sapu berbulu lembut atau vacuum cleaner dan dilanjutkan dengan lap kering, untuk mengangkat sisa-sisa debu karena debu atau pasir yang terbawa oleh sepatu atau kaki yang ada di atas lantai kayu apabila tidak di sapu bisa menyebabkan goresan - goresan pada finishing lantai kayu hunian anda.

Hindari  goresan atau cacat pada permukaan lantai parket.
Anda harus berhati-hati ketika memindahkan barang.

Untuk pemindahan barang barang barang barang sebaiknya diangkat atau alas furnitur dilapisi karet agar tidak menimbulkan bekas goresan pada lantai kayu dan agar finishing lebih tahan lama gunakan alas kaki sandal yang khusus untuk di sekitar dalam rumah karena biasanya kalau sandal dari luar rumah akan membawa debu / pasir yang bisa membuar goresan di lantai anda.

Sebaiknya jauhi lantai dari kelembapan

Musuh ‘bebuyutan’ kayu adalah kelembapan. Maka dari itu kurangi aktifitas membersihkan lantai kayu parket dengan cara dipel dengan pel basah, cukup disapu saja. Ini karena genangan air yang disebabkan oleh proses mengepel bisa mengendap di lapisan plywood yang berujung pada pelapukan. Tentu ada tidak ingin hal demikian terjadi bukan.

Lalu bagaimana dengan lantai yang terkena noda?

Untuk mengatasi lantai yang terkena noda bisa menggunakan lap kering. Namun apabila noda yang menempel terbilang ‘bandel’, manfaatkan air perasan belimbing wuluh atau jeruk lemon untuk melenyapkannya. Cara lainnya bisa dengan memberi cuka putih pada noda yang ada di lantai lalu diamkan selama empat menit dan bersihkan dengan kain lap kering.

Hebatnya, ketiga bahan alami di atas yaitu lemon, belimbing dan cuka tidak hanya mampu mengangkat noda di lantai kayu parket, tapi juga membuatnya nampak berkilau kembali.


Tips lain yang bisa digunakan

Karpet dapat dijadikan alternatif untuk menutupi lantai parket, terutama pada area atau ruangan yang paling sering dilalui. Memang tips ini sedikit kontras dengan tujuan pemakaian lantai kayu itu sendiri. Tapi pemilihan penggunaan karpet dilakukan hanya sebagai alternative agar lantai kayu lebih awet.

Hindari paparan cahaya matahari langsung

6 tips merawat lantai kayu agar awet dan tetap terjaga keasliannya

Bagi rumah yang lokasinya berada di area tropis seperti di Indonesia, lantai parket akan membutuhkan perawatan ekstra agar warna tidak pudar terkena langsung paparan cahaya matahari.
Siasatnya, dengan menghalangi cahaya matahari dengan perabotan rumah atau lainnya. 

Ketika berencana menukar posisi perabot, pastikan tidak menimbulkan goresan pada permukaan lantai kayu sebagaimana tips sebelumnya. Jangan memindahkan barang dengan cara didorong atau digeser tetapi diangkat atau menggunakan alas karet.

Plihlah perusahaan yang menyediakan lantai kayu solid

Harus anda ketahui sebelumnya, lantai kayu itu ada beberapa jenis diantaranya ada kayu solid, laminated dan vinyl. Sebaiknya pilihlah lantai kayu solid yaitu lantai kayu yang benar-benar kayu, bukan serbuk kayu dan dengan jenis kayu yang kuat misalnya jati merbau atau ulin. Dengan memilih kayu yang benar kami yakin lantai kayu parket anda akan awet dan tahan lama

Reviews

0 Menulis komentar:

Posting Komentar

  • Lantai Parket Kayu untuk kebutuhan rumah, hotel, dan Apartemen, Free ongkos kirim, Volume 50 meter persegi, untuk wilayah Garut, Tasikmalaya, Cianjur, Purwakarta, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
  • Untuk pemesanan Lantai Kayu wilayah Tegal, Semarang, Solo, Djogjakarta, Purwokerto, sampai Surabaya Free ongkos kirim untuk Volume diatas 200 meter.
  • Untuk pemesanan Lantai Kayu wilayah Bali / Denpasar, dan Lombok Free ongkos kirim dengan Volume diatas 200 meter.
  • Untuk pemesanan Lantai Kayu wilayah Sumatera seperti Lampung, Padang, Palembang, dan Medan, Free ongkos kirim dengan Volume diatas 400 meter.
  • Untuk pemesanan wilayah Batam, Harga dan Ongkir Nego.
  • Untuk Pemesanan wilayah Kalimantan seperti Palangka Raya, Balik Papan, Samarinda, Banjarmasin, Harga dan Ongkir Nego.

  • Untuk pemesanan dibawah Volume tersebut, dikenakan Ongkos kirim sesuai tarip jasa Expedisi