6/25/20180811224419

Kenapa Kayu Merbau Lebih sering digunakan sebagai Lantai parket

Kenapa Kayu Merbau Lebih sering digunakan sebagai Lantai parket - Kayu adalah salah satu jenis bahan alam yang sering sekali dimanfaatkan oleh manusia. Baik diambil manfaat pada kesehatan, Pengolahan makanan dan yang paling sering adalah dimanfaatkan sebagai Kontruksi bangunan.

Kenapa Kayu Merbau Lebih sering digunakan sebagai Lantai parket
Kayu banyak dipilih sebagai bahan kontruksi bangunan adalah karena kayu ini memiliki unsur yang padat namun ringan, mudah diolah serta banyak ditemukan di lingkungan sehari-hari. Meskipun seiring dengan perkembangan jaman dimana bahan-bahan lain ditemukan, akan tetapi penggunaan bahan kayu tetap selalu menjadi pilihan.

Berbagai jenis kayu yang sering dimanfaatkan antaranya kayu Jati, Pinus, Ulin, Mahoni, Keruing, dan lain-lain. Salah satu kayu yang paling sering dimanfaatkan sebagai bahan kontruksi adalah kayu Jati. Kayu ini memiliki tingkat kekerasan yang sangat baik dan dikenal tahan terhadap serangan rayap dan pertumbuhan jamur sedikit sekali kayu yang dapat mengimbangi kualitas dari kayu jati ini sehingga kayu jati tetap menjadi andalan.

Sebetulnya ada beberapa jenis kayu yang setara bahkan dalam segi kekerasannya diatas kayu Jati. Yaitu kayu Ulin, Bengkirai dan Merbau. Untuk kayu ulin sendiri jumlahnya sudah sangat langka sehingga dikategorikan sebagai kayu yang dilindungi sehingga cukup sulit untuk mendapatkan izin resmi pengolahan kayu Ulin.

Sementara untuk kayu bengkirai sudah sering digunakan untuk kontruksi. 

Kayu merbau adalah salah satu jenis kayu yang memiliki tingkat kekerasan diatas kayu jati dan dengan ketahanannya terhadap serangan rayap serta pertumbuhan jamur.  Jumlah kayu merbau sendiri cukup banyak, apalagi di daerah asalnya papua.

baca : lantai kayu di Semarang

Kayu satu ini merupakan jenis kayu yang sering sekali dijadikan alternatif pengganti kayu Jati karena memiliki harga dibawah kayu Jati. Yang menarik disini adalah kayu merbau Jarang dijadikan Furniture atau bahan kerajinan kayu lain tidak seperti kayu Jati. Kayu merbau hanya sering digunakan sebagai lantai parket.

Loh kenapa ? 

Kenapa kayu merbau hanya sering digunakan sebagai lantai parket ?


Untuk membahas hal ini ada dua hal yang perlu anda ketahui yaitu alasan pemilihan lantai kayu merbau sebagai lantai parket dan alasan kenapa kayu merbau tidak dijadikan Furniture

Alasan kayu merbau sering digunakan sebagai lantai parket

Kenapa Kayu Merbau Lebih sering digunakan sebagai Lantai parket
Selain karena Tingkat kekerasan kayu yang sangat tinggi, ditambahn dengan tahan terhadap serangan rayap dan pertumbuhan jamur, Kayu merbau sering dijadikan lantai parket adalah karena alasan estetika hunian. Dimana dengan menerapkan lantai parket kayu merbau hunian semakin terlihat elegan.

Alasan lainnya yang dapat menjadi acuan pemilihan kayu merbau sebagai parket adalah kenyamanan. Sebetulnya alasan ini sama dengan alasan  pemilihan lantai kayu pada umumnya. Yaitu kenyamanan.
Alasan selanjutnya adalah karena kayu merbau sering mengeluarkan ion negatif keudara dimana ion negatif ini sangat baik bagi kesehatan, sehingga ketika anda menerapkan lantai kayu merbau pada hunian, nilai kesehatan pada hunian akan meningkat.

baca : 3 jenis lantai kayu alternatif pengganti lantai kayu

Selanjutnya yaitu alasan kenapa kayu merbau  tidak digunakan sebagai funiture

Kenapa Kayu Merbau Lebih sering digunakan sebagai Lantai parket
Untuk alasan ini sebetulnya sangat sederhana yaitu karena kayu merbau memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi serta memiliki sipat sulit diolah sehingga sangat merepotkan para tukang kayu untuk mengolahnya.

Ditambah lagi kayu Merbau ini memiliki serat kasar seperti serak kelapa Juga memiliki motif yang lurus sehingga tidak akan menarik bila menjadi hiasan seperti Furniture.

Sehingga wajar bila kayu merbau ini hanya cocok untuk dijadikan parket lantai.

Itulah alasan kenapa kayu merbau hanya sering digunakan sebagai lantai parket. Semoga dapat bermanfaat
Reviews

0 Menulis komentar:

Posting Komentar

  • Lantai Parket Kayu untuk kebutuhan rumah, hotel, dan Apartemen, Free ongkos kirim, Volume 50 meter persegi, untuk wilayah Garut, Tasikmalaya, Cianjur, Purwakarta, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
  • Untuk pemesanan Lantai Kayu wilayah Tegal, Semarang, Solo, Djogjakarta, Purwokerto, sampai Surabaya Free ongkos kirim untuk Volume diatas 200 meter.
  • Untuk pemesanan Lantai Kayu wilayah Bali / Denpasar, dan Lombok Free ongkos kirim dengan Volume diatas 200 meter.
  • Untuk pemesanan Lantai Kayu wilayah Sumatera seperti Lampung, Padang, Palembang, dan Medan, Free ongkos kirim dengan Volume diatas 400 meter.
  • Untuk pemesanan wilayah Batam, Harga dan Ongkir Nego.
  • Untuk Pemesanan wilayah Kalimantan seperti Palangka Raya, Balik Papan, Samarinda, Banjarmasin, Harga dan Ongkir Nego.

  • Untuk pemesanan dibawah Volume tersebut, dikenakan Ongkos kirim sesuai tarip jasa Expedisi