8 Tips Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Awet Dan Terjaga Keasliannya

Rumah adalah tempat kita pulang dan beristirahat dari berbagai kegiatan, juga tempat kita membangun berkeluarga dan mendidik anak-anak, maka banyak orang dengan segala upaya untuk membuat rumah itu terasa nyaman dan betah, mulai dari merancang rumah seindah mungkin yang sesuai dengan keinginan, memberikan dekorasi yang membuat rumah terlihat indah dan nyaman yang salah satunya adalah dengan mengaplikasikan kayu sebagai dekorasi bagian lantainya.

rumah lantai kayu

Alasan menghadirkan lantai kayu untuk memberikan kesan alami dalam ruangan rumah, sekaligus pemberi efek hangat disaat musim dingin, dan memberikan rasa sejuk disaat musim panas.

Kayu parket yang bersifat natural mampu berbaur dengan tema ruangan yang bervariatif seperti minimalis, klasik dan kontemporer.

Penggunaan lantai kayu di dalam rumah umumnya di aplikasikan di beberapa ruangan antara lain: ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, ruang kerja, dan trap tangga kecuali dapur.

Dapur adalah salah satu ruang yang cenderung basah dan lembab, maka khusus area dapur tidak cocok menggunakan lantai kayu akan cepat rusak akibat tingginya kelembaban.

Adapun untuk area taman ataupun juga samping kolam renang, tersedia produk lantai kayu khusus outdoor yang biasa disebut Decking.

Sebetulnya, perawatan lantai kayu parket tidaklah terlalu sulit, sama seperti lantai lainnya seperti lantai keramik ataupun lantai granit, ataupun juga lantai marmer yang harus selalu dijaga kebersihannya dengan cara di sapu dan di pel setiap hari.

cara merawat lantai kayu

Di bawah ini beberapa tips agar lantai kayu di rumah anda tetap awet, tahan lama, dan tetap terjaga tampilan aslinya.

Rajin-rajinlah disapukan

Lantai kayu parket juga membutuhkan dibersihkan sama seperti jenis pelapis lantai lain seperti keramik, kayu parket juga harus disapu setiap hari. Ini sudah jelas agar debu dan kotoran tidak menumpuk di permukaan.Sebaiknya, sapulah menggunakan sapu berbulu lembut atau vacuum cleaner dan dilanjutkan dengan lap kering, untuk mengangkat sisa-sisa debu karena debu atau pasir yang terbawa oleh sepatu atau kaki yang ada di atas lantai kayu apabila tidak di sapu bisa menyebabkan goresan – goresan pada finishing lantai kayu hunian anda.

Hindari goresan atau cacat pada permukaan lantai parket.

lantai kayu tergores

Hati-hati ketika memindahkan barang.

Ketika berencana menukar posisi perabot, pastikan tidak menimbulkan goresan pada permukaan lantai kayu sebagaimana tips sebelumnya. Jangan memindahkan barang dengan cara didorong atau digeser tetapi diangkat atau menggunakan alas karet.

Untuk pemindahan barang barang barang barang sebaiknya diangkat atau alas furnitur dilapisi karet agar tidak menimbulkan bekas goresan pada lantai kayu dan agar finishing lebih tahan lama gunakan alas kaki sandal yang khusus untuk di sekitar dalam rumah karena biasanya kalau sandal dari luar rumah akan membawa debu / pasir yang bisa membuar goresan di lantai anda.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Lantai Kayu Tergores atau Rusak

Hindarkan lantai kayu dari kelembaban

Musuh ‘bebuyutan’ kayu adalah kelembapan. Maka dari itu kurangi aktifitas membersihkan lantai kayu parket dengan cara dipel dengan pel basah, cukup disapu saja. Ini karena genangan air yang disebabkan oleh proses mengepel bisa mengendap di lapisan plywood yang berujung pada pelapukan. Tentu ada tidak ingin hal demikian terjadi bukan.

Membersihkan lantai kayu yang terkena noda?

Untuk mengatasi lantai yang terkena noda bisa menggunakan lap kering. Namun apabila noda yang menempel terbilang ‘bandel’, manfaatkan air perasan belimbing wuluh atau jeruk lemon untuk melenyapkannya. Cara lainnya bisa dengan memberi cuka putih pada noda yang ada di lantai lalu diamkan selama empat menit dan bersihkan dengan kain lap kering.

Hebatnya, ketiga bahan alami di atas yaitu lemon, belimbing dan cuka tidak hanya mampu mengangkat noda di lantai kayu parket, tapi juga membuatnya nampak berkilau kembali.

Kurangi penggunaan Karpet

Karpet terkadang sebagian orang merasa nyaman untuk di jadikan alas lantai terutama jika lantai bersifat dingin seperti lantai keramik atau granit atau juga marmer.

Namun beda halnya dengan lantai kayu. Lantai kayu bersifat tropis yang akan terasa hangat di musim dingin dan terasa sejuk di saat musim panas, akan tetapi sebagian orang yang cenderung suka dengan lantai yang berjenis kain fabric seperti karpet, tetap ingin menggelar karpet meskipun lantai sudah menggunakan kayu.

Maka jika anda termasuk demikian, tidak ada salahnya menutupi beberapa bagian dengan karpet jika hal itu membuat anda merasa lebih nyaman, akan tetapi usahakan jangan semua lantai kayu di dalam rumah di tutupi dengan karpet karena akan mengurangi keindahan lantai kayu itu sendiri, dan yang terpenting adalah jika lantai kayu tertutup dengan karpet terlalu lama akan menjadikan lantai kayu itu kusam ketika karpet itu dilipat, hal ini karena karena debu dari pori-pori karpet yang turun ke lantai kayu jarang di bersihkan dan jarang di pel.

Hindari paparan cahaya matahari secara langsung

Bagi rumah yang lokasinya berada di area tropis seperti di Indonesia, lantai parket akan membutuhkan perawatan ekstra agar warna tidak pudar terkena langsung paparan cahaya matahari.

Siasatnya, dengan menghalangi cahaya matahari dengan selalu menutup pintu dan menutup jendela dengan tirai agar cahaya matahari tidak membakar secara langsung. 

Pilihlah lantai kayu yang memiliki ketahanan yang baik

Harus anda ketahui sebelumnya, produk lantai kayu itu tersedia dalam beragam jenis yang terkadang membuat kita bingung dalam memilih, diantaranya ada lantai kayu solid, ada lantai kayu laimnate, dan juga jenis lantai vinyl.

Sebaiknya pilihlah lantai kayu memiliki ketahanan yang baik agar lebih awet dan tahan lama, , dengan memilih produk lantai kayu yang berkualitas, artinya anda sudah berhemat karena tidak memerlukan perbaikan dalam waktu yang lama.

macam macam lantai kayu parket

Tinggalkan Balasan