Cara Mengatasi Lantai Parket Kusam atau Tergores

Pesona lantai parket tak lekang dimakan waktu meskipun terlihat lama dan tua,justru disitulah nilai artistiknya. Hingga saat ini banyak memakai dan mengganti lantai biasa dengan lantai kayu karena efeknya yang memberikan kesan alami,segar dan elegan.

Cara membersihkan lantai parket

Namun dibalik keindahannya terdapat kekurangan seperti lantai parket yang cenderung lebih mudah kusam dan gampang tergores,bila tidak ditangani dengan serius maka akan mengganggu penampilan dan akan menguras kantong karena harus menambah biaya ekstra.

Namun jangan khawatir untuk masalah goresan atau kusam,kami punya solusinya. Dengan langkah-langkah mudah dan murah ini bisa Anda terapkan dengan mengikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan. Baca sampai tuntas!

Bagian lantai parket yang menjadi langganan tergores terdapat pada lapisan terluar atau pada permukaannya. Bisa disebabkan oleh kaki furniture,kuku hewan piaraan,benda tajam (pisau atau silet),sepatu high heels dsb.

CARA MENGATASI LANTAI PARKET KUSAM ATAU TERGORES

Persiapan alat dan bahan (Cuka,mangkuk kecil,minyak zaitun dan kain microfiber). Pertama-pertama campurkan minyak zaitun dan cuka kedalam mangkuk kecil,aduk hingga rata dan tuangkan pada lantai parket yang tergores.

Selanjutnya gosok perlahan menggunakan kain microfiber dengan gerakan memutar hingga lantai parket terlihat mengkilap kembali. Untuk lantai parket yang terkena goresan bisa diulang cara diatas pada lantai parket yang tergores.

Lantai parket yang sudah lama dipakai perlahan akan berubah kusam maka untuk mengatasinya yaitu dengan mengecat ulang atau refinish (bisa menggunakan bantuan perusahaan ditempat Anda membeli parket atau bisa juga dengan di cat sendiri.

Ikuti langkah dibawah ini bagi yang ingin mengecat sendiri.

Persiapan alat dan bahan (Kuas,Roller,Selotip cat,kain lap basah,vacuum cleaner,pembersih kayu,coating,cat minyak atau lateks,amplas 150 grit dan 220 grit.

Langkah-langkah :

Gunakan amplas ukuran 150 grit untuk menghilangkan lapisan cat lama juga untuk meratakan permukaan lantai parket. Amplas ini juga berguna untuk membuka pori-pori kayu agar pada pengecatan cat meresap kedalam parket dan menempel sempurna.

Bersihkan serbuk bekas pengamplasan. Agar debunya tida beterbangan gunakan kain basah dan kemudian dipel hingga bersih. Bisa juga ditambah cairan khusus pembersih lantai parket,diamkan mengering 2-3 hari agar hasil pengecatan maksimal.

Jenis cat disarankan sebaiknya menggunakan cat minyak daripada lateks. Cat minyak menyerap lebih dalam dan menutupi serat kayu. Untuk pengecatan sebaiknya menggunakan kuas agar lebih rata meskipun dengan roll pengerjaan lebih cepat,tapi dengan kuas meskipun pengerjaan lebih lama namun hasilnya bagus merata.

Amplas kembali dengan amplas 220 grit untuk menghaluskan permukaannya,bersihkan debu denga vacuum cleaner,jangan menggunakan sapu kasar apalagi kertas HVS akan menimbulkan goresan nantinya.

Setelah cat mengering,langkah terakhir adalah menambahkan coating atau pelindung cat sekaligus berfungsi mengkilapkan permukaan.

Sekian semoga bermanfaat!

KONSULTASI GRATIS!
Hubungi WIRAWAN

Tlp/WA : 08121001419