5 Cara Mudah Merawat Lantai Kayu Solid

Banyak hal yang terjadi pada lantai yang ada pada rumah anda, contohnya seperti goresan goresan karena lalu lintas kaki orang rumah, tumpahan, benturan, ataupun kecelakan tak terduga yang tidak bisa dihindarkan. Cara terbaik untuk menjaga dan membersihkan lantai kayu solid dimulai dengan cara yang cerdas, yang tidak hanya membantu melindungi lantai kayu tersebut tapi juga untuk mengurangi waktu yang anda habiskan saat membersihkannya. Untuk mengurangi noda yang menempel, letakkan lah alas lantai untuk bagian luar dan bagian dalam pintu rumah. Dalam musim hujan, siapkan area pelepas alas kaki untuk menghindari kerusakan lantai, juga letakan kain lap atau kain pembersih di samping pintu agar anda dapat langsung membersihkan air yang tergenang di daerah lantai kayu yang anda miliki. Untuk informasi lebih jelas tentang jenis lantai kayu anda bisa melihatnya di Perbedaan Produk Lantai Kayu

Kini curah hujan tidak bisa diprediksi dengan sangat tepat seperti dulu, jadi ada baiknya anda melepas sepatu saat masuk kedalam rumah sehingga kotoran, debu dan kuman tidak menyebar di seluruh rumah. Hal ini juga sangat penting pada lantai kayu solid, anda harus memeriksa lecet atau goresan pada bagian lantai kayu terutama di daerah pintu luar. Anda juga bisa mencegah noda pada lantai kayu dengan menggunakan pelindung lantai dibawah furtniture dan juga menambahkan lapisan lain seperti karpet di area bermain untuk memastikan agar anak anda tidak menggores lantai.

Selain kedua cara utama diatas, kami juga memiliki beberapa cara membersihkan lantai kayu lainnya yang dapat anda coba agar lantai kayu dan hunian anda tetap berada pada kondisi yang prima. Apa saja cara tersebut? mari kita simak informasinya berikut ini:

Pembersihan Rutin Lantai Kayu Solid

Pembersihan-Rutin-Lantai-Kayu
Pembersihan-Rutin-Lantai-Kayu

Kami ingatkan lagi, sapu atau pel akan sangat bermanfaat untuk membersihkan lantai kayu solid. Untuk seberapa intens atau seberapa sering anda harus melakukan hal tersebut tergantung pada lalu lintas yang terjadi di lantai kayu anda. Untuk pembersihan cepat dan rutin, bersihkanlah menggunakan kain pel yang telah dibuat khusus untuk mengangkat debu, kotoran dan juga bulu hewan peliharaan yang mungkin dapat mengakibatkan goresan pada lantai kayu.

Jika anda memiliki penyedot debu, itu juga dapat menjadi media untuk membersihkan lantai kayu solid. Tak perlu setiap hari, cukup untuk seminggu atau dua minggu sekali.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Jati Indoor

Cara Mengepel Lantai Kayu Yang Benar

Cara-Membersihkan-Lantai-Kayu-Yang-Benar
Cara-Membersihkan-Lantai-Kayu-Yang-Benar

Tidak dapat dipungkiri bahwa membersihkan dan merawat lantai kayu harus dimulai dengan tindakan pencegahan dan pembersihan rutin, namun terkadang pembersihan yang lebih mendalam juga sama penting nya. Kotoran, debu, dan minyak menumpuk dari waktu ke waktu dan tidak sepenuhnya dapat dihilangkan dengan pembersihan rutin mingguan.

Untuk membersihkan lantai kayu solid, gunakan pel lantai kayu dan produk pembersih lantai kayu cair sesuai dengan petunjuk label. Basahi kain pel di dalam air, lalu peras hingga hampir kering sehingga hanya terasa sedikit lembap saat disentuh. Basahi lantai, namun berhati-hatilah untuk sebisa mungkin agar tidak ada genangan air pada lantai. Bilas dengan kain pel bersih yang dibasahi air bersih, hal ini tergantung jika produk pembersih membutuhkannya. Jika udara di daerah rumah anda sedang atau memang lembab, direkomendasikan menggunakan kipas angin gantung atau AC untuk mempercepat pengeringan pada lantai kayu yang telah di pel.

Gunakan Pembersih Lantai Kayu Terbaik

Gunakan-Pembersih-Lantai-Kayu-Terbaik
Gunakan-Pembersih-Lantai-Kayu-Terbaik

Jika anda kurang yakin tentang pembersih lantai kayu yang anda miliki, sebaiknya anda berkonsultasi dengan produsen lantai anda. Mereka tentunya memiliki rekomendasi pembersih khusus untuk produk lantai kayu yang mereka miliki. Akan tetapi jika lantai kayu anda tidak baru atau anda tidak dapat berkonsultasi dengan produsen, pilihlah produk khusus untuk pembersih lantai kayu, anda bisa mencari beberapa rekomendasi di internet. Terlebih lagi jika anda khawatir tentang bahan kimia keras yang terkandung dalam cairan pembersih tersebut, anda bisa mencari pembersih lantai kayu solid yang bersertifikat Greenguard Gold, yang mana sertifikasi tersebut mengartikan pembersih lantai kayu ini aman digunakan dirumah dengan anak-anak dan juga hewan peliharaan.

Cara Membersihan Lantai Kayu dengan Bahan Alami

Pembersih-Lantai-Kayu-Alamai
Pembersih-Lantai-Kayu-Alamai

Selain menggunakan cairan pembersih lantai kayu yang ada di pasaran, anda juga bisa membuat pembersih lantai kayu dengan menggunakan bahan bahan yang ada di dapur anda. Cuka, merupakan bahan dasar dari pembuatan cairan pembersih ini yang tentu akan menghemat uang saku anda berkali lipat dibandingkan dengan membeli cairan pembersih khusus.

Caranya dengan menggabungkan 1/2 cangkir cuka putih kedalam satu galon air hangat. Kemudian bersihkan lantai kayu anda dengan cairan ini dengan catatan cuka dapat menumpulkan hasil akhir lantai kayu keras tertentu, jadi ada baiknya untuk selalu menguji terlebih dahulu cairan cuka ini pada bagian lantai kayu yang tak terlalu mencolok di rumah anda.

Cara Menghilangkan Noda di Lantai Kayu

Membersihkan-Noda-Pada-Lantai-Kayu
Membersihkan-Noda-Pada-Lantai-Kayu

Jika noda ada pada bagian permukaan lantai, kemungkinan lantai kayu anda memiliki lapisan yang keras. Namun, jika noda akhir telah menembus ke dalam kayu, lantai tersebut mungkin memiliki lapisan berminyak lembut, hal ini memang umum terjadi pada rumah tua yang lantainya belum disempurnakan dan diperbaharui.

  • Untuk lantai dengan noda pada permukaan, anda bisa seka noda dengan kain bersih yang lembut, jangan pernah sesekali menggunakan amplas, sabut baja, atau bahan kimia keras karena hal tersebut dapat merusak lapisan lantai kayu secara permanen.
  • Untuk lantai kayu keras dengan finishing berminyak lembut, anda dapat menggunakan sabut baja No. 000 dan lilin lantai, jika area tersebut masih gelap, gunakan pemutih atau cairan cuka yang telah kita bahas sebelumnya hingga meresap ke dalam kayu sekitar satu jam, kemudian bilas dengan kain lembab.
  • Untuk menghilangkan noda bekas tumit, anda bisa menggunakan sabut baja halus untuk menggosok permukaan lantai.
  • Untuk menghilangkan bekas air atau noda putih, sabut baja No. 000 dan lilin lantai adalah solusi tepat. Namun jika noda semakin dalam, amplas sedikit dan bersihkan sabut baja halus dengan mineral spirit tak berbau.
  • Untuk menghilangkan noda berbahan dasar minyak, gosok area yang bernoda dengan kain lembut dan detergen atau sabun pencuci piring untuk mengurangi minyak. Bilas dengan air jernih, jika pengaplikasian tersebut belum kunjung membuahkan hasil, anda bisam ngeulangi prosedur tersebut. Jauhkan anak anak dan hewan peliharaan dari ruangan sampai proses ini selesai. Biarkan noda mengering, lalu ratakan butiran yang timbul dengan amplas halus.

Untuk informasi tentang memperbaiki lantai kayu anda bisa baca di Cara Memperbaiki Lantai Kayu Tergores atau Rusak

Itulah beberapa cara membersihkan dan merawat lantai kayu pada rumah anda. Pencegahan terbaik untuk lantai kayu agar tidak terkena goresan yaitu dengan berhati-hati saat memindahkan furtniture dalam rumah. Dari beberapa cara diatas, cara mana yang paling cocok untuk anda? Apapun caranya, anda harus tetap berhati-hati dalam melakukannya karena tak dapat dipungkiri lantai kayu memanglah salah satu interior rumah yang tidak murah. Jadi, cermatlah dalam merawat dan membersihkan lantai kayu solid anda ya. Terimakasih telah membaca artikel ini.

Baca Juga : 10 Tips Bagaimana Membeli Lantai Kayu Harga Murah