Lantai SPC vs Lantai WPC Mana Yang Lebih Baik?

Berkat teknologi baru, pilihan yang ditawarkan pada jenis lantai vinil kepada masyarakat terus berkembang. Salah satu produk vinil mewah terbaru adalah lantai vinil mewah dengan inti kaku, yang merupakan jenis lantai vinil mewah yang terdiri dari inti yang lebih padat atau “kaku” untuk menambah daya tahan. Vinyl mewah inti kaku adalah format tanpa lem dengan sistem instalasi penguncian klik atau sering disebut T&G (tounge and groove)

Dua jenis vinil mewah inti kaku adalah Stone Plastic Composite (SPC) dan Wood Plastic Composite (WPC). Mari kita ulas sedikit lebih dalam tentang lantai SPC vs. WPC, penting untuk dicatat bahwa meskipun keduanya memiliki berbagai sifat, ada perbedaan antara keduanya yang harus dipertimbangkan saat memutuskan mana yang paling cocok untuk ruang atau proyek desain interior anda.

Apa Itu Lantai SPC & WPC?

SPC, yang merupakan singkatan dari Stone Plastic (atau Polimer) Komposit, memiliki inti yang biasanya terdiri dari sekitar 60% kalsium karbonat (batu kapur), polivinil klorida dan plasticizer.

Artikel Terkait : Kenali Lantai SPC Yang Sedang Hits!

Disisi lain, WPC adalah singkatan dari Wood Plastic Composite (atau Polimer). Intinya biasanya terdiri dari polivinil klorida, kalsium karbonat, plasticizer, bahan pembusa, dan bahan seperti kayu atau kayu seperti tepung kayu.

Susunan WPC dan SPC relatif sama, meskipun SPC terdiri dari lebih banyak kalsium karbonat (batu kapur) daripada WPC, dari situlah “S” dalam SPC berasal; memiliki lebih dari komposisi batu.

Untuk lebih memahami persamaan dan perbedaan antara SPC dan WPC, kami merangkum beberapa informasi singkat tentang kedua jenis lantai ini. Penasaran? Simak informasinya berikut ini;

Perbandingan Lantai SPC vs WPC

Tampilan

tampilan lantai spc wpc

Tidak ada banyak perbedaan antara SPC dan WPC dalam hal desain atau tampilan yang ditawarkan masing-masing produk ini. Dengan teknologi pencetakan digital saat ini, ubin dan papan SPC dan WPC yang menyerupai kayu, batu, keramik, marmer, dan sentuhan akhir yang unik mudah diproduksi baik secara visual maupun tekstur.

Selain opsi tampilan, kemajuan terbaru telah dibuat terkait opsi pemformatan yang berbeda. Lantai SPC dan WPC dapat dibuat dalam berbagai format termasuk papan yang lebih lebar atau lebih panjang dan ubin yang lebih lebar.

Daya Tahan

daya tahan lantai vinyl

Mirip dengan lantai vinil mewah dryback (yang merupakan jenis vinil mewah tradisional yang membutuhkan perekat untuk dipasang), lantai SPC dan WPC terdiri dari beberapa lapisan pelapis yang menyatu bersama. Namun, tidak seperti lantai dryback, kedua opsi lantai memiliki inti yang kaku dan merupakan produk yang lebih keras di sekelilingnya.

Karena lapisan inti SPC terdiri dari batu kapur, ia memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan WPC, meskipun secara keseluruhan lebih tipis. Hal ini membuatnya lebih tahan lama dibandingkan dengan WPC. Kepadatannya yang tinggi menawarkan ketahanan yang lebih baik dari goresan atau penyok dari barang berat atau furnitur yang diletakkan di atasnya.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah meskipun SPC dan WPC sering dipasarkan sebagai tahan air, mereka sebenarnya kurang tahan air. Meskipun tidak ada produk yang sepenuhnya kedap air jika terendam di bawah air, tumpahan atau kelembapan topikal seharusnya tidak menjadi masalah jika dibersihkan dengan benar.

Cara Memasang

cara memasang lantai vinyl spc wpc

Produk WPC dan SPC awalnya dibuat untuk pasar komersial karena daya tahannya. Namun, pemilik rumah sudah mulai menggunakan produk ini juga karena kemudahan pemasangan, opsi desain, dan daya tahannya. Penting untuk dicatat bahwa beberapa produk SPC dan WPC bervariasi dari penggunaan komersial hingga ringan, jadi yang terbaik adalah selalu berkonsultasi dengan produsen anda untuk mengetahui garansi mana yang berlaku.

Hal lain yang perlu disoorot untuk SPC dan WPC, selain dari sistem penguncian klik yang mudah dipasang, adalah bahwa mereka tidak memerlukan persiapan subfloor yang ekstensif sebelum pemasangan. Meskipun memasang di atas permukaan datar selalu merupakan praktik yang baik, ketidaksempurnaan lantai seperti retakan lebih mudah disembunyikan dengan lantai SPC atau WPC karena komposisi intinya yang kaku.

Artikel Terkait : Cara Memasang Lantai Vinyl

Harga

harga lantai spc dan wpc

Lantai SPC dan WPC memiliki harga yang sama, meskipun SPC biasanya sedikit lebih terjangkau. Dalam hal biaya pemasangan, keduanya sebanding secara keseluruhan karena keduanya tidak memerlukan penggunaan perekat dan keduanya mudah dipasang dengan sistem penguncian klik. Pada akhirnya, ini membantu mengurangi waktu dan biaya pemasangan.

Dalam hal produk mana yang lebih baik secara keseluruhan, tidak ada satu pemenang yang jelas. WPC dan SPC memiliki banyak kesamaan, serta beberapa perbedaan utama. WPC mungkin lebih nyaman dan lebih tenang di bawah kaki, tetapi SPC memiliki kepadatan yang lebih tinggi. Memilih produk yang tepat sangat tergantung pada kebutuhan lantai Anda untuk proyek atau ruang tertentu.

Kesimpulan

Dalam hal kenyamanan, WPC umumnya lebih nyaman di bawah kaki dan kurang padat daripada SPC karena bahan pembusanya. Karena itu, WPC sangat cocok untuk lingkungan di mana karyawan atau pelanggan terus-menerus berdiri.

Selain menawarkan lebih banyak bantalan saat berjalan, bahan pembusa di WPC memberikan lebih banyak penyerapan suara daripada lantai SPC. Baik lantai WPC atau SPC dengan dukungan akustik sangat ideal untuk pengaturan di mana pengurangan kebisingan adalah kuncinya seperti ruang kelas atau ruang kantor.

Demikianlah pembahasan singkat tentang perbandingan antara lantai SPC vs lantai WPC, mana yang cocok bagi anda? Selalu ingat tentang kebutuhan anda dalam memasang jenis lantai ini ya. Namun, bagi anda yang memang mencari ketahanan serta produk lantai yang berkualitas sangat bagus, ada baiknya anda mempertimbangkan tentang lantai kayu solid.

Baca Juga : Cara Memilih Lantai Kayu Yang Bagus

Kayu solid yang dimaksud ini yaitu jenis parket, flooring ataupun decking (outdoor). Jenis lantai kayu solid ini jelas jauh lebih tahan lama dibandingkan lantai vinil seperti SPC ataupun WPC. Akan tetapi memang harga yang ditawarkan pun lebih mahal, maka dari itu pertimbangkan budget yang anda miliki dengan tujuan dan kebutuhan anda.

Klik Disini untuk mengetahui harga lengkap lantai kayu solid.

Jika anda memiliki pertanyaan seputar lantai vinyl atau lantai kayu, anda bisa menghubungi nomor marketing kami dibawah ini;

Call / Whatsapp
0821-4444-8887
(Nurul)