Jenis Material Lantai Terbaik Untuk Kantor

Suasana kantor merupakan hal penting yang tak boleh diabaikan. Pasalnya, hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja para pegawai atau semua orang yang berada di area tersebut. Nah, salah satu cara untuk menjadikan kantor nyaman yaitu dengan interior yang juga memberikan kesan menyejukan dan menenangkan.

Salah satu interior tersebut yang berpengaruh besar adalah material lantai yang digunakan. Tentu anda pernah terpikirkan tentang hal ini bukan? Kini dengan semakin berkembangnya teknologi membuat material lantai memiliki banyak jenisnya. Mari kita ambil contoh seperti lantai kayu atau laminate,  kedua jenis material ini sedang naik daun pada masa kini. Lantai kayu dan lantai laminate ini seringkali dijadikan material pada sebuah hunian maupun perkantoran, karena bukan hanya membuat suasana nyaman, kedua jenis lantai ini juga memberikan tampilan tidak biasa yang sangat menawan.

Lantai Terbaik Untuk Perkantoran

Lantas jenis lantai apa lagi yang dapat digunakan? Nah dalam ulasan kali ini kita akan membahas jenis lantai terbaik untuk kantor dan juga faktor apa saja yang mesti dipertimbangkan sebelum memilih jenis lantai tersebut. Tanpa basa basi mari kita langsung saja simak ulasan berikut ini:

Lantai Karpet

lantai karpet untuk kantor
lantai karpet untuk kantor

Jenis lantai ini sangat ideal untuk perusahaan yang membutuhkan jenis isolasi dari kebisingan, seperti sekitaran kantor. Namun, penting untuk diingat bahwa karpet dapat dengan mudah terkena noda dan mungkin perlu perhatian yang lebih. Disamping itu, ubin karpet memberikan lebih banyak fleksibilitas karena setiap ubin dapat diganti secara individual tanpa repot dan kebisingan. Ubin karpet juga memiliki gaya dan pola yang berbeda, menyediakan berbagai pilihan yang mencerminkan merek dan estetika kantor.

Lantai Vinyl

lantai vinyl untuk kantor
lantai vinyl untuk kantor

Merupakan lantai komersial karena menawarkan hasil yang awet. Lantai vinyl sangat ideal untuk diaplikasikan di beberapa ruangan kantor. Namun anda harus berhati-hati saat memindahkan furtniture jika menggunakan jenis lantai satu ini karena sangat beresiko untuk terkena goresan. Disamping itu lantai vinyl memiliki harga yang terjangkau dengan motif yang sangat banyak. Tentu motif yang digandrungi saat ini yaitu motif kayu.

Baca Juga : 19 Produk Lantai Vinyl Motif Kayu Terbaik

Lantai Karet

lantai karet untuk kantor
lantai karet untuk kantor

Lantai karet sangat ideal untuk ruang interior komersial dengan lalu lintas tinggi, seperti bandara, fasilitas kesehatan dan restoran. Lantai karet tahan lama dan tahan terhadap air dan panas dan mudah untuk dirawat. Selain cocok untuk berjalan, juga lantai karet tidak licin.

Lantai Kayu

lantai kayu untuk kantor
lantai kayu untuk kantor

Inilah jenis lantai yang telah menjadi pemandangan yang elegan di sebagian besar kantor dari saat ini dan tidak pernah ketinggalan jaman. Hal ini meningkatkan penampilan dan nuansa desain interior kantor yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Ini adalah pilihan material lantai untuk kantor yang baik untuk area yang memiliki banyak kegiatan. Meskipun beresiko untuk mengalami kerusakan karena kelembaban, namun hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan yang baik dan benar.

Jika anda penasaran, inilah Harga Lantai Kayu Terbaru 2021

Lantai Laminate

lantai laminate untuk kantor
lantai laminate untuk kantor

Laminate adalah alternatif yang lebih murah untuk lantai kayu, ubin atau batu. Proses laminasi melibatkan pendirian dua atau lebih jenis bahan dan segel. Mudah dipasang dan tidak menggaruk dengan mudah atau dokter gigi. Jenis lantai ini tahan lama, mudah dibersihkan dan dirawat. Itu juga dilengkapi dengan berbagai pilihan untuk dipilih; Laminasi lancar, laminasi muncul, patina laminasi dan gulungan serat kayu.

Untuk mengetahui harga lantai vinyl anda bisa klik: Disini

Faktor Penting Yang Berperan Dalam Memilih Lantai Perkantoran

faktor penting dalam memilih lantai
faktor penting dalam memilih lantai

Tidak semua pelapis lantai sangat ideal untuk semua lokasi. Oleh karena itu, manajer harus proaktif dan bergaul dengan para profesional industri, seperti arsitek, desainer interior dan produsen untuk menentukan flat terbaik untuk kantor mereka. Bermitra dengan para profesional akan membantu Anda mempertimbangkan banyak faktor yang bisa diabaikan ketika direncanakan untuk memasang lantai, dan inilah faktor-faktor yang harus anda pertimbangkan sebelum memilih jenis material yang nantinya akan diaplikasikan pada area kantor anda :

Tingkat Lalu Lintas Dalam Kantor

Kantor dengan lalu lintas tinggi membutuhkan lantai yang dapat menahan lalu lintas padat di kantor. Bangunan universitas, bandara dan area pertemuan publik sering menunjukkan jenis lantai, seperti teraso, marmer atau bahkan lantai granit. Ini adalah permukaan yang sulit yang dapat menahan air dan lalu lintas di gedung selama bertahun-tahun. Tingkat lalu lintas juga tergantung pada fungsi kantor sehingga mempengaruhi pembersihan dan pemeliharaan kantor.

Fleksibilitas

Saat memilih jenis lantai, fasilitas perbaikan saat keausan harus menjadi fokus utama. Pengamatan di lorong di sebagian besar kantor mengungkapkan bahwa sebagian besar daerah ini , oleh karena itu, kemungkinan besar menjadi yang pertama rusak. Rencana lantai yang dipilih harus diperbaiki atau diganti dengan mudah tanpa mengganggu karyawan, pelanggan, dan bisnis secara keseluruhan.

Kemudahan Perawatan

Sebagian besar jenis lantai yang umumnya membutuhkan perhatian yang bermakna dan cermat. Tumpahan pada karpet, misalnya, harus dibersihkan sesegera mungkin dan vinyl sering harus dilucuti dari lapisan lantai antik dan diganti dengan yang baru. Lantai kayu juga memerlukan perawatan ekstra agar dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Maka dari itu penting bagi anda untuk menyediakan tenaga khusus untuk hal ini.

Daur Ulang

Beberapa jenis lantai memiliki tingkat senyawa organik yang menguap dengan mudah lebih dari yang lain. Mengisi lantai tidak hanya memiliki dampak langsung pada kualitas udara dalam ruangan, tetapi juga dalam kemampuan untuk mendaur ulang produk akhir dan kapasitas industri untuk menggunakan kembali produk akhir.

Faktor Biaya

Anda harus mempertimbangkan biaya siklus hidup dari jenis lantai; Produk dengan biaya awal yang lebih rendah mungkin tidak tetap lebih murah daripada pada waktunya daripada produk dengan biaya awal yang lebih tinggi seperti lantai kayu atau granit.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang jenis lantai terbaik untuk kantor. Jadi setelah membaca ulasan diatas, manakah lantai yang cocok untuk area kantor anda? Material apapun yang nantinya anda gunakan, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan arsitek atau seorang ahli dalam hal ini. Karena selain untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga dapat mengurangi biaya dengan efektif dalam jangka panjang. Sekian dari kami, terimakasih telah membaca.

Artikel terkait : Jenis Lantai Terbaik Untuk Rumah