Inilah Jenis Lantai Terbaik Untuk Dapur

Dapur merupakan salah satu bagian dalam hunian yang penting karena disanalah kegiatan aktivitas mencuci piring dan memasak berlangsung. Salah satu hal yang bisa membuat dapur nyaman adalah lantainya.

Material untuk lantai harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik agar suasana dapur nyaman dan menyenangkan. Lantai dapur juga harus aman, mudah dibersihkan, dan nyaman untuk dipijak. Lantai dapur yang licin tentu sangat membahayakan, karena perpindahan kegiatan di dapur berlangsung dengan cepat. Lantai dapur juga harus mudah dibersihkan agar dapur tetap terlihat rapi dan bersih.

Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih lantai terbaik untuk dapur.

Tips Memilih Lantai Terbaik Untuk Dapur

tips lantai untuk dapur
tips lantai untuk dapur

Keramik dengan tekstur kesat
Keramik dengan tekstur kesat jadi lantai yang direkomendasikan untuk dapur hunianmu. Tekstur yang kesat ini bisa meminimalisir licin yang terjadi karena cipratan minyak akibat proses menggoreng atau juga sabun bekas mencuci piring. Dengan menggunakan keramik yang bertekstur kesat ini bisa membuat area dapurmu aman.

Gunakan lantai dengan warna terang
Selain tekstur, warna juga menjadi hal yang harus diperhatikan, karena dapur merupakan area yang rentan kotor. Hal ini juga yang jadi alasan banyak pemilik rumah yang lebih memilih warna gelap daripada warna terang, padahal sebaiknya kamu memilih warna yang terang saja. Warna terang bisa memberikan suasana dapur lebih nyaman dan cerah. Selain itu, warna yang terang juga bisa jadi pendorong untuk kamu menjaga kebersihan setelah melakukan aktivitas di dapur.

Memilih motif Terbaik
Untuk di dapur, sebaiknya pilihlah motif menarik sehingga tampilan dapurmu tidak membosankan. Jika kamu menyukai konsep minimalis, kamu bisa memilih motif dengan satu warna.

Menyesuaikan keinginan dengan Budget
Dengan berbagai pilihan yang ada, kamu tentu harus memperhatikan budget yang kamu miliki. Jika kamu menginginkan keramik yang bagus, harganya tidaklah selalu mahal. Untuk mendapatkan harga dan model yang terbaik, kamu bisa melakukan banyak riset mengenai perbandingan harga dan model keramik.

Menghindari lantai warna Putih
Meskipun disarankan untuk memilih warna terang, namun kamu sebaiknya menghindari lantai dapur warna putih. Hal ini karena warna putih bisa membuat kotoran yang timbul akan terlihat terlalu jelas. Alih-alih menggunakan warna putih, ada baiknya kamu memilih warna terang lain.

Menentukan ukuran Dapur
Ukuran dapur jadi hal yang harus kamu lakukan sebelum memilih model atau material. Karena dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan banyaknya material dan budget yang dibutuhkan.

Menyesuaikan dengan desain interior Dapur
Supaya dapur terasa nyaman dan memiliki konsep, kamu bisa menggunakan warna lantai yang senada dengan interior dapur. Meskipun berbeda warnanya, pastikan agar dapur tetap terlihat unik dan menarik.

Pilih material yang mudah Dibersihkan
Memilih material menjadi hal yang penting salah satunya adalah karena lantai dapur haruslah mudah dibersihkan. Hindari permukaan lantai dengan corak yang timbul karena hanya akan membuat susah dalam proses membersihkannya. Justru kotoran akan menempel di sela-sela lantai. Perlu diingat bahwa dapur adalah tempat yang rentan kotor, terutama di bagian lantai.

Berikut ini adalah pilihan material lantai untuk dapur yang bisa kamu jadikan referensi dan pertimbangan.

Jenis Material Lantai Terbaik Untuk Dapur

1. Lantai Keramik

lantai keramik untuk dapur

Keramik adalah salah satu material yang umum digunakan untuk area dapur. Keramik memiliki ketahanan yang kuat serta memberikan banyak pilihan motif. Dengan pemasangan yang benar, lantai keramik bisa menahan segala jenis kotoran dan cairan yang tumpah ke permukaan lantai. Keramik juga memiliki karakteristik keras sehingga usia ketahanannya cukup awet. Pemasangan keramik juga cukup mudah namun tetap harus dilakukan oleh ahlinya.
Berikut ini adalah rekomendasi motif keramik yang bisa kamu pilih.

  • Motif keramik abu-abu
    Warna motif keramik abu-abu cocok digunakan di dapur yang mengusung konsep kontemporer. Motif ini juga bisa memberikan kesan ruangan yang elegan dan flawless.
  • Motif marbel putih
    Motif ini bisa menambah suasana luas dan ringan pada ruangan. Dapur juga terkesan enerjik dan tidak membosankan karena adanya garis-garis halus dalam motif keramik.
  • Motif batu alam
    Jika kamu menggunakan kabinet stainless steel, motif keramik ini cocok untuk kamu pasangkan. Keramik motid ini memberikan tampilan dapur lebih natural karena ada unsur alam dan estetiknya.
  • Motif gradasi warna
    Warna keramik ini bisa memberikan kesan menarik karena terlihat natural dan soft. Gradasi warna yang diterapkan di dapur bisa memberikan kesan elegan di dapur. Gradasi warna pada keramik bisa jadi pilihan yang layak kamu coba. Sebagai highlight, kamu bisa menggunakan lampu gantung serta meja makan dan kursi makan di bawahnya.
  • Motif hitam putih
    Motif hitam putih sangat cocok untuk dapur yang mengusung gaya modern. Agar kesan elegan dan modern bisa lebih terasa, kamu juga bisa menggunakan furnitur minimalis berwarna putih sebagai pengimbang dari gradasi warnanya. Warna hitam dan putih memang menjadi simbol warna modern yang bisa membuat dapurmu tampak menarik dan bersih.

2. Lantai Vinyl

lantai vinyl untuk dapur

Mengapa memilih lantai vinyl? – Lantai vinyl juga memiliki ketahanan terhadap cairan di atas lantai dapur. Lantai vinyl dijual secara lembaran, dan memiliki harga yang relatif terjangkau. Dalam pemasangannya, lembaran vinyl bisa menghasilkan hasil akhir yang mulus dan hampir tidak terlihat sambungannya. Bila dibandingkan dengan material lainnya, lantai vinyl adalah lantai yang paling tahan air. Cairan di atas permukaannya bisa bertahan tanpa merusak bagian finishing dari lantai. Namun vinyl mungkin saja memberikan sensasi rasa keras ketika dipijak, sehingga kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan bantalan. Untuk pemasangannya, kamu sebaiknya menggunakan jasa ahli karena pemasangannya cukup rumit jika dilakukan sendiri.

Baca Juga : 19 Pilihan Produk Lantai Vinyl Terbaik

3. Lantai Laminate

lantai laminate untuk dapur

Lantai laminasi juga dijadikan sebagai rekomendasi lantai untuk dapur. Lantai laminasi memiliki sela-sela lapisan yang bisa meresap air dan memberikan sensasi keras saat dipijak. Lantai laminasi bisa jadi pilihan tepat jika kamu menginginkan tampilan kayu tanpa harus menggunakan kayu asli. Lantai kayu ini juga bisa disambungkan dengan sedikit lem sebagai perekatnya. Namun jika kamu menginginkan ketahanan yang lebih bagus, kamu memerlukan lebih banyak lem. Lantai jenis ini memiliki pemasangan yang cukup mudah, namun tidak semudah pemasangan lantai vinyl dan tidak sesulit pemasangan lantai keramik.

Baca Juga : Inilah Yang Dimaksud Lantai Laminate

4. Lantai Kayu

lantai kayu untuk dapur

Lantai kayu asli bukanlah pilihan tepat untuk dijadikan lantai kayu karena lantai kayu asli rentan rusak jika langsung bersentuhan dengan air atau cairan lain. Namun hal ini bukanlah jadi penghalang jika kamu tetap ingin menggunakan kayu sebagai lantai dapur. Salah satu alternatifnya adalah decking kayu jikalau dapur anda memiliki nuansa outdoor yang sejuk. Decking kayu atau lantai kayu outdoor ini memiliki ketahanan yang berbeda dengan lantai kayu indoor seperti parket atau flooring. Baca selengkapnya tentang Decking Disini.

Artikel Terkait :

Bagi anda yang tertarik untuk memasangkan lantai kayu, vinyl ataupun laminate, Anda bisa menghubungi kontak marketing kami berikut ini;

Call / Whatsapp
0821-4444-8887

(Nurul)