Kenali Lebih Dalam Tentang Kayu Jati

Kenali Lebih Dalam Tentang Kayu Jati – Siapa sih yang tidak mengenal jenis kayu yang satu ini? Hampir Sebagian besar masyarakat Indonesia telah mengenal kayu jati yang sangat populer ini. Dimulai dari kualitasnya yang bagus, serta tampilannya yang menawan.

Kayu Jati memiliki banyak kegunaan, seperti untuk interior, bahan bangunan, furtniture dan lainnya. Hal tersebut dikarenakan kualitas kayu jati yang sangat kuat dan awet, terlebih lagi jenis kayu ini memiliki tingkat keras yang juga tidak main-main.

Kayu Jati memiliki nama ilimah Tectona Grandis L. f. , namun disamping segudang kelebihannya, kayu jati tetap memiliki kekurangan. Karena memang pada dasarnya semua hal didunia ini tidak ada yang sempurna. Salah satu kekurangan tersebut adalah Harga yang ditawarkan cukup tinggi. Ini merupakan faktor utama mengapa hanya Sebagian orang yang menggunakan kayu jati sebagai interior pada huniannya.

Akan tetapi, seperti yang sering dibilang orang-orang bahwa harga tidak akan berbohong. Dengan merogoh kocek yang sedikit lebih dalam, anda akan memiliki jenis kayu yang berkualitas hampir sempurna, dan yang lebih penting, kayu jati ini khas Indonesia lho!

Untuk lebih jelasnya, dalam ulasan kali ini kita akan membahas tentang  Jenis Kayu Jati, Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati, Produk Kayu Jati serta Harga Kayu Jati agar anda dapat mengetahui lebih jelas tentang jenis kayu yang sangat amat populer ini. Simak ulasannya sebagai berikut:

Jenis Kayu Jati

Kayu jati yang tersebar luas di Indonesia ini memiliki 3 Jenis, yaitu kayu jati emas, kayu jati perhutani dan juga kayu jati rakyat. Masing-masing dari kayu jati tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda tentunya. Mari kita bahas berikut ini:

Kayu Jati Emas

kayu jati emas
kayu jati emas

Kayu jati emas merupakan salah satu jenis kayu jati yang ada di Indonesia, sesuai namanya, tampilan yang dimiliki jenis kayu jati ini coklat kuning keemasan. Kayu jati emas ini adalah jenis kayu jati yang paling banyak dibudidayakan oleh kebanyakan orang. Bukan tanpa sebab, karena pohon kayu jati emas mampu tumbuh lebih cepat dan juga hidup lebih lama dari kayu jati lainnya. Untuk siap ditebang, pohon kayu jati ini hanya membutuhkan waktu 6-14 tahun saja.

Kayu Jati Perhutani

kayu jati perhutani
kayu jati perhutani

Disebut sebagai TPK, kayu jati perhutani adalah jenis kayu yang dirawat langsung oleh pihak Dinas PERHUTANI Indonesia. Hal tersebutlah yang menjadikan kayu jati ini istimewa, karena kayu jati ini membutuhkan perawatan yang terbilang lebih special dan membutuhkan perawatan lebih karena masa tumbuhnya yang lama. Untuk menebang pohon kayu jati ini pun tidak sembarangan, setiap  proses penebangan tersebut diharuskan untuk memiliki izin dari Dinas Perhutani dan juga harus diseleksi untuk melihat apakah pohon yang hendak ditebang tersebut memenuhi standar atau tidak.

Kayu Jati Rakyat

kayu jati rakyat/kampung
kayu jati rakyat/kampung

Yang terakhir adalah jenis kayu jati rakyat atau sering disebut kayu jati kampung. Ciri-ciri dari kayu ini yang paling mencolok dan berbeda dari jati lainnya yaitu batang nya yang bengkok dan juga pori-pori nya yang padat. Kayu jati rakyat dapat ditebang dalam kurun waktu 14 hingga 26 tahun, yang mana hal ini menjadikan masa pertumbuhan kayu jati rakyat lebih lama daripada kayu jati emas. Pori-pori yang padat tersebut disebabkan oleh masa pertumbuhan yang lama tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati

kelebihan dan kekurangan kayu jati
kelebihan dan kekurangan kayu jati

Nah, setelah anda mengetahui ketiga jenis kayu jati yang ada di Indonesia tersebut, sudahkah anda tertarik menggunakan jenis kayu jati untuk keperluan hunian rumah? Namun sebelum menentukan hal tersebut, ada baiknya untuk mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan kayu jati agar anda tidak salah pilih dan mengetahui karakteristik kayu jati tersebut. Simak informasinya berikut ini:

Kelebihan Kayu Jati

  • Mudah ditemukan.
  • Renyah mudah diproduksi .
  • Kuat dan tahan lama.
  • Tidak mudah terserang hama.
  • Tahan terhadap cuaca.
  • Memiliki tampilan serat yang khas.
  • Tidak mudah berubah bentuk

Kekurangan Kayu Jati

  • Harga yang cukup mahal
  • Tidak bisa di cat
  • Mudah pecah
  • Lama untuk mengeringkan

Produk Kayu Jati

Bagaimana tanggapan pribadi anda tentang kelebihan dan kekurangan kayu jati yang telah anda lihat diatas? Jika anda merupakan seseorang yang lebih memilih kualitas dibandingkan kuantitas tanpa memperdulikan harga yang sedikit lebih mahal, maka kayu jati adalah jenis kayu yang cocok bagi anda. Kini mari kita bahas tentang produk Kayu Jati yang kita miliki antara lain yaitu;

Lantai Kayu Jati

Tentu anda tidak asing dengan lantai kayu yang semakin hari semakin populer dikalangan pencinta hunian yang indah dan nyaman ini. Ya, lantai kayu adalah salah satu produk dari kayu jati yang kami miliki, tentu saja terbuat dari 100% kayu asli tanpa campuran bahan lainnya.

Kami memiliki lantai kayu jati dengan 3 grade, yaitu Grade A,B dan C. Pembagian grade ini bertujuan agar kualitas kayu jati yang terbaik dapat dibedakan, namun tetap pada sebuah pohon yang sama, hanya saja letak pemotongan nya berbeda.

Perbedanya terlihat jelas dari tampilan lantai kayu jati tersebut;

lantai kayu grade A

Lantai Kayu Grade A : Memiliki warna coklat menyeluruh.

lantai kayu grade B

Lantai Kayu Grade B : Memiliki warna coklat 80%.

Lantai Kayu Grade C : Memiliki warna dominan putih.

Lantai kayu jati ini diproduksi khusus untuk area indoor. Bagi anda yang menginginkan lantai kayu untuk area outdoor, anda sebaiknya menggunakan Decking, karena jenis kayu yang digunakan untuk flooring/parket indoor berbeda dengan kayu yang digunakan oleh decking/lantai kayu outdoor. Selain untuk lantai rumah, lantai kayu juga dapat diaplikasikan pada lapangan, hotel, kantor ataupun villa.

Bagi anda yang mengiginkan lantai kayu jati untuk hunian anda, anda bisa melihatnya di

Papan Tangga Jati

papan tangga kayu jati asli
papan tangga kayu jati asli

Meski belum sepopuler lantai kayu, papan tangga kayu juga kini mulai ramai dibicarakan. Pasalnya, interior satu ini sangat memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Kesan elegan dan mewah sangat terasa saat sebuah rumah memakai papan tangga kayu sebagai interiornya.

Kayu jati juga merupakan salah satu bahan baku dari pembuatan papan tangga, yang mana ini adalah sebuah produk kayu asli terbaik untuk produk tersebut. Kuat, keras serta tahan lama adalah karakter yang sangat diperlukan untuk bahan baku papan tangga. Maka tak sembarang kayu bisa dijadikan papan tangga. Selain kayu jati, Adapun kayu lainnya yang bisa dijadikan papan tangga, yaitu Kayu Merbau asal Papua yang memiliki kualitas hampir sama dengan kayu jati. Inilah Harga dan Spesifikasi Papan Tangga Kayu Jati.

Baca Juga : Kayu Merbau, Flora Khas Irian Jaya.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang Kayu Jati yang mendunia. Semoga dapat memberikan anda informasi lebih untuk anda ataupun memberikan penjelasan yang dalam tentang produk kayu jati yang hendak anda beli. Terimakasih telah membaca.