Ayo Kenali Kayu Keruing Yang Populer Ini!

Kayu merupakan bahan bangunan yang paling diminati saat ini. Pasalnya kayu adalah salah satu bahan alam yang memiliki kualitas baik dengan ketahanan nya yang juga luar biasa. Dimulai dari furtniture, dinding, lantai dan juga papan tangga bisa menggunakan bahan dasar dari kayu asli. Selain kualitas dan ketahanan nya yang baik, kayu asli juga memiliki tampilan cantik yang memanjakan mata saat melihatnya. Elegan dan menawan adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari produk-produk interior kayu asli.

Namun, tidak semua jenis kayu dapat dijadikan bahan bangunan. Ada beberapa kayu yang sudah tersohor untuk dijadikan interior, seperti kayu Jati, kayu Merbau, kayu Ulin, kayu Bengkirai, kayu Sonokeling dan kayu Keruing. Beberapa kayu tersebut adalah kayu yang populer di dunia pertukangan Nusantara maupun Mancanegara. Bukan tanpa alasan, tentu karena kayu-kayu tersebut memiliki karakter yang dibutuhkan untuk dijadikan bahan bangunan, yaitu tingkat keras, tingkat kuat dan tingkat awet yang baik.

Jenis Kayu Terbaik Untuk Hunian Anda

Lantas, Kayu mana yang terbaik diantara kayu-kayu tersebut? Pertanyaan seperti ini seringkali terdengar, karena tentu anda pastinya ingin mendapatkan kualitas kayu terbaik, juga dengan harga yang terjangkau bukan? Pada dasarnya, semua kayu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

Mari kita ambil contoh dari kayu Ulin, kayu yang biasa dijadikan lantai kayu Outdoor atau Decking ini memiliki kualitas yang sangat baik dan termasuk kedalam kayu keras tingkat dunia. Akan tetapi, kayu ulin tidak bisa anda dapatkan dengan harga yang murah. Berbeda dengan kayu Bengkirai atau Keruing yang memiliki harga jauh lebih terjangkau, meski kedua kayu ini memiliki harga yang lebih murah, anda tidak perlu khawatir dengan kualitasnya. Karena mengingat kedua kayu ini tetap kayu yang sangat layak untuk dijadikan bahan bangunan dan sudah sangat populer di kalangan pertukangan.

Baca Juga : Inspirasi Decking Untuk Samping Kolam Renang

Jadi, pada ulasan kali ini kita akan membahas sedikit lebih dalam tentang kayu Keruing berdasarkan Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya, serta pemanfaatannya sebagai dinding dan juga plafon rumah. Tanpa berlama-lama, mari kita simak ulasannya berikut ini;

Mengenal Kayu Keruing

mengenal kayu keruing
mengenal kayu keruing

Dipterocarpus adalah nama latin dari kayu Keruing, kayu yang sudah sangat populer dan terkenal di dunia pertukangan. Kayu ini berasal dari Pohon Keruing, Pohon ini memiliki bentuk cabang yang tidak beraturan dengan panjang mencapai 35cm, dan biasanya tinggi dari pohon ini mencapai 50m dengan diameter rata-rata hingga 120cm.

Ciri utama dari kayu keruing ini yaitu warna dari kayunya yang cokelat, kelabu tua, cokelat kemerahan dan juga perpaduan dari ketiga warna tersebut. Loh kok berbeda-beda? Perbedaan ini ditimbulkan oleh umur pohon keruing itu sendiri, semakin gelap warna nya maka semakin tua pohon keruing tersebut. Namun, hal ini tidak berpengaruh terhadap tingkat kayu atau kualitas kayu keruing tersebut. Untuk serat yang dimiliki, Kayu Keruing memiliki serat yang cenderung dengan arah yang lurus dan berpadu. Terakhir, permukaan kayu keruing ini sedikit licin dan juga lengket, karena hal ini kayu keruing terlihat mengkilap.

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Keruing

Setelah anda mengenal tentang karakteristik kayu keruing, kini saatnya anda mengetahui kelebihan dan kekurangan kayu keruing. Seperti yang telah disinggungkan sebelumnya bahwa setiap kayu memiliki plus dan minus nya masing masing. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kayu keruing? simak berikut ini:

Kelebihan Kayu Keruing

kelebihan kayu keruing
kelebihan kayu keruing
  • Memiliki tingkatan kelas I dan II yang hampir sama dengan kayu Jati.
  • Kuat dan Kokoh yang menjadikan kayu ini sering dijadikan sebagai rangka atap.
  • Memiliki tingkat susut dan kembang yang tidak terlalu tinggi.
  • Memiliki tampilan yang unik berkat warna nya yang sangat menarik.

Kekurangan Kayu Keruing

kekurangan kayu keruing
kekurangan kayu keruing
  • Proses pengolahan kayu kayu keruing lebih sulit daripada kayu lainnya.
  • Tingkat keawetannya kurang baik, maka kayu keruing diharuskan menggunakan obat pengawet kayu agar bisa bertahan lebih lama.
  • Kemungkinan lapuk atau keropos sangat besar jika tidak diolah lebih lanjut sebelum dijadikan produk.

Nah jadi seperti itulah kelebihan dan kekurangan kayu keruing, namun seperti yang telah dikatakan diatas, kekurangan utama kayu keruing ini terletak pada tingkat keawetannya saja. Karena faktor pengolahan tersebut bukan dibebankan kepada pengguna, melainkan kepada produsen pembuat produk kayu keruing. Terlebih lagi, tingkat keawetan yang kurang baik ini dapat diatasi dengan cara menggunakan obat pengawet kayu, agar produk kayu keruing yang anda gunakan ini dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Pemanfaatan Kayu Keruing

pemanfaatan kayu keruing
pemanfaatan kayu keruing

Lantai Kayu Keruing

Yang pertama untuk pemanfaatan kayu keruing yaitu sebagai lantai. Biasanya kayu keruing dijadikan lantai kayu outdoor atau sering disebut sebagai Decking. Produk ini sangat cocok untuk lantai balkon, taman, samping kolam renang ataupun ruang outdoor lainnya di area hunian anda. Terlebih lagi, warna dari kayu keruing ini sangat menawan dan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Baca Juga : Harga Decking Outdoor Kayu Keruing 30-90cm

Plafon Kayu Keruing

Selain dijadikan lantai, kayu keruing juga sering digunakan sebagai plafon rumah. Tentu ini merupakan pilihan yang bagus untuk plafon rumah anda, mengingat karakteristik kayu yang digunakan untuk plafon haruslah keras namun tipis. Karena jika beban dari produk plafon ini terlalu berat, akan beresiko untuk membahayakan penghuni rumah. Agar hal ini tidak terjadi, plafon kayu harus dipotong setipis mungkin.

Baca Juga : Harga Plafon Lambersering Kayu Keruing

Dinding Kayu Keruing

Menggunakan produk yang sama seperti plafon, Lambersering Keruing juga bisa diaplikasikan pada dinding hunian anda. Membuat aksen dan tema yang menawan, menjadikan rumah anda berbeda daripada rumah-rumah biasanya. Nilai plus dari warna kayu keruing juga sangat menguntungkan anda dalam hal tampilan.

Jika anda penasaran denga contoh proyek terpasang dari dinding dan plafon keruing, anda bisa melihatnya di :
Pemasangan Plafon Kayu di Kemang Jakarta Selatan

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang kayu Keruing, si kayu murah terbaik yang bisa anda dapatkan. Semoga dapat membantu anda dalam memilih kayu terbaik untuk hunian dan juga menambah wawasan tentang kayu berkualitas baik yang multifungsi. Untuk informasi lebih lanjut atau harga produk kayu keruing bisa anda tanyakan pada marketing kami yang tertera di homepage ataupun melewati nomor whatsapp berikut ini:

0821-4444-8887 (Nurul)