Kayu merbau,Flora khas Irian jaya

Hutan di negara kita Indonesia ini merupakan hutan yang menduduki urutan ketiga terluas di dunia dengan hutan tropis dan sumbangan sebagai paru-paru dunia.

Wilayah yang menjadi termasuknya indonesia sebagai paru-paru dunia ini yaitu kepulauan kalimantan dan papua. Hutan yang dimiliki kedua wilayah tersebut sangatlah luas dan memiliki sumber daya alam yang tinggi.

Terdapat sebuah tumbuhan yang tumbuh di daerah kalimantan dan papua yang cukup eksotis dan memiliki beragam manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari terutama bagi kehidupan alam sekitar. Tumbuhan tersebut yaitu:

Pohon merbau

Tumbuhan khas papua
Intsia bijuga

Kayu merbau merupakan jenis kayu yang berasal dari wilayah kepulauan papua, memiliki kualitas yang superior menjadikan kayu merbau primadona dan banyak peminatnya.

Intsia bijuga atau pohon merbau ini tidak hanya berasal dari Irian jaya saja atau papua melainkan terdapat juga di beberapa wilayah di Indonesia seperti, daerah Maluku, Kalimantan, Sulawesi.

Memiliki warna merah coklat kegelapan atau warna coklat abu gelap dengan dibekali serat yang lurus, Pohon merbau ini tumbuh subur di hutan Papua dengan ketinggian 50 meter dengan diameter 2 meter.

Tekstur yang keras dan durabilitas yang tinggi menjadikan kayu ini mendapat gelar dari sebagian besar orang terutama oleh penduduk sekitar Irian jaya dengan julukan “kayu besi”.

Secara kualitas kayu merbau telah di akui dunia terutama Eropa dan Australia, Popularitasnya hampir sama dengan kayu jenis Oak.

Karakteristik kayu merbau

Log kayu merbau
Log kayu merbau
  • Dari segi tekstur, kayu merbau ini cenderung kasar dengan serat yang berbentuk lurus, terdapat juga tekstur kayu merbau yang tidak beraturan karena sesuai jenis kayunya yang beragam.
  • Dari tingkat kekerasannya, pohon merbau ini memiliki tingkat keras yang cukup tinggi.
  • Memiliki tingkat kualitas yang cukup baik, Tekstur keras dan keawetan dengan level kelas I hingga level II.
  • Untuk warnanya, kayu merbau ini memiliki warna cokelat kemerahan terkadang disertai highlight warna kuning dan agak kehitaman.
  • Tingkat penyusutan yang rendah membuat jenis kayu ini tahan terhadap perubahan suhu atau cuaca, anti rayap dan jamur sehingga membuat kayu merbau ini menjadi lebih awet dan tahan lama dalam pemakaiannya.

Walaupun memiliki tingkat kualitas yang tinggi, akan tetapi kayu merbau pun memiliki segi kekurangan dan kelebihannya. Berikut inilah dia ulasannya:

Kelebihan kayu merbau

Jenis kayu merbau ini memiliki warna yang cukup unik dibandingkan dengan jenis kayu lain yaitu memiliki warna merah kekuningan dengan serat yang lurus mirip dengan kayu kelapa sehingga dapat memberikan efek elegan dan mewah pada interior rumah.

Tidak hanya itu, kayu merbau juga sudah melewati beberapa pengujian bahwa tidak akan mudah menyusut walaupun sudah memakainya dengan jangka waktu yang lama.

  • Menjadi salah satu termasuk kayu kuat yang sejajar dengan kayu jati.
  • Tahan terhadap serangan serangga dan rayap.
  • Memiliki tingkat kekerasan yang tinggi dan stabil.
  • Dapat mengeluarkan ION negatif, yang dimana hal tersebut sangat baik bagi kesehatan.

Kekurangan kayu merbau

Kayu merbau ini memiliki pori-pori yang cukup besar dibandingkan dengan jenis kayu lain seperti kayu jati, ulin, sungkai dan lainnya. Sehingga ketika melakukan proses tahap finishing lantai merbau membutuhkan bahan finishing yang lebih banyak.

  • Akan mengeluarkan getah jika terkena air secara terus menerus.
  • Proses pengerjaan yang terbilang cukup sulit karena sifat kayu yang dimiliki kayu merbau keras.
  • Biaya produksi lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis kayu lain.
  • Harganya yang tergolong cukup tinggi.

Terdapat juga hal menarik lainnya yang dimiliki kayu merbau ini, yaitu memiliki manfaat yang cukup signifikan baik untuk keperluan manusia maupun alam sekitar. Berikut inilah dia simak ulasan berikut:

Manfaat kayu merbau

Manfaat kayu merbau
Pohon merbau

Kayu merbau ini sebenarnya sudah dipakai oleh penduduk di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sejak zaman dahulu, Bahkan hingga hari ini.

Awal mula pemanfaatan kayu merbau ini hanya dijadikan bahan untuk membuat rumah, akan tetapi seiring berjalannya waktu telah berkembangnya produk yang dihasilkan dari kayu merbau ini. Tidak hanya itu, kayu merbau pun kini pemanfaatan nya sangat berguna bagi dunia farmasi.

Dimanfaatkan sebagai bahan baku kontruksi

Bahan naku kontruksi

Berkat kualitas dan keunggulan yang dimiliki kayu merbau menjadikan kayu ini sangat primadona dan menjadikan pilihan yang tepat sebagai bahan baku kontruksi berat seperti, membuat dermaga, bahan bangunan, lantai kayu, dinding, tiang dan digunakan sebagai bahan baku kontruksi berat lainnya.

Dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture

Bahan baku furniture

Tidak lengkap rasanya jika kayu merbau hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku kontruksi, tetapi pemanfaatan kayu merbau juga bisa dijadikan sebagai bahan baku furniture seperti meja, kursi, kusen, jendela dan perabotan lainnya.

Dimanfaatkan sebagai bahan baku industri

Bahan baku industri

Pepagan atau kulit kayu yang dimiliki kayu merbau mengandung tanin dan bisa dimanfaatkan sebagai zat pewarna coklat untuk kain dan kertas.

Dimanfaatkan sebagai obat tradisional

Manfaat kayu merbau

Selain bermanfaat bagi bahan baku kontruksi dan industri, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman pohon merbau ini bisa dimanfaatkan sebagai obat berkat hasil pengujian yang dibantu dengan teknologi canggih.

Bahan obat ini dihasilkan dari minyak pepagan dan daun yang dimiliki kayu merbau yang diolah dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan buah pinang tua. Selain itu, biji pohon kayu merbau bisa dimanfaatkan dan olah menjadi obat tradisional.

Bermanfaat bagi alam sekitar dan habitat satwa

Pohon pada umumnya berperan penting untuk ekologi sekitar dalam hal menyumbang sejumlah oksigen ke dunia dan mencegah terjadinya erosi atau longsor di hutan.

Pohon juga berperan penting untuk ekosistem hewan yang ada di alam liar, contoh halnya seperti pohon merbau yang berperan penting sebagai sarang atau kandang para burung yang eksotis seperti, burung julang papua, nuri bayan, kakatua dan elang bondol.

Status langka

Pembalakan liar hutan

Kayu merbau ini sebenarnya tergolong menjadi beberapa anggota yang berjumlah 8 spesies yang menyebar dari Afrika timur hingga ke negara Australia. Kayu merbau yang berasal dari negara Malaysia, Indonesia dan Papua nugini merupakan jenis kayu yang memiliki kualitas yang sangat bagus dibandingkan dengan jenis kayu merbau yang berasal dari negara lain.

Kayu merbau ini diekspor ke berbagai negara belahan di dunia, sementara di Indonesia sendiri penyebaran atau permintaan konsumen semakin meningkat dari berbagai daerah. Bahkan setiap tahunnya, permintaan untuk kayu merbau ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Produk modern yang dihasilkan dari kayu merbau

Flooring merbau

Flooring merbau

Produk yang satu ini adalah hasil olahan dari kayu merbau yang bernama flooring, produk yang satu ini merupakan produk bahan material penutup lantai rumah yang diperuntukan area dalam ruangan.

Perlu diketahui, bahwa produk flooring merbau ini memiliki beragam jenis atau tipe-tipe tertentu yang pastinya memiliki perbedaan masing-masing seperti:

  • Flooring kayu merbau UV coating

Tampilan dari flooring ini terlihat lebih berwarna coklat gelap karena memang diberikan sentuhan pewarnaan menggunakan woodstain salak brown. Terdapat juga produk flooring kayu merbau UV coating dengan ukuran yang lebih kecil yang bernama mini flooring merbau UV coating.

  • Mini Flooring merbau beple

Ukuran yang sama dengan ukuran mini flooring UV coating yaitu, 09 x 7 x 30 – 120cm /pcs hanya yang membedakan dari keduanya adalah pada bagian samping parket kayu, Yang dimana mini flooring beple ini terdapat bagian sisi lembaran yang lebih halus.

  • Flooring kayu merbau jumbo

Dari segi tampilan, sebenarnya sama saja dengan flooring merbau standar, dilengkapi dengan pengunci T&G. Hanya yang membedakannya yaitu dari segi ukuran.

Dengan warna khas yang dimiliki kayu merbau menjadikan interior lantai rumah tampak lebih alami dan elegan, dan tidak perlu mengkhawatirkan akan penyakit rematik, karena lantai kayu pada umumnya bersifat hangat. Serta, baik bagi kesehatan karena lantai kayu merbau dapat mengeluarkan ION negatif.

Baca juga: Harga produk kayu merbau

Olahan kayu merbau pun tidak hanya flooring melainkan banyak jenis atau tipe yang berfungsi mempercantik interior di rumah seperti di bawah ini:

Decking merbau

Decking kayu merbau

Decking kayu merbau merupakan produk olahan kayu merbau yang berfungsi untuk menutupi lantai tetapi di bagian luar ruangan (outdoor) seperti, tepi kolam renang, teras balkon hingga taman.

Berkat kemampuan yang dimiliki kayu merbau tahan terhadap perubahan cuaca dan tahan terhadap serangga,rayap serta memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi menjadikan jenis produk ini sangat cocok diaplikasikan terhadap ruangan yang terbuka.

Olahan produk kayu merbau lainnya

Lamparquet merbau

Untuk jenis produk yang ini terbuat dari sisa potongan flooring merbau dan berbeda dengan jenis lantai kayu merbau lainnya, lamparquet merbau ini tidak dilengkapi sistem pengunci (T&G).

Merbau FJL unfinish

Jenis produk yang satu ini memiliki ukuran yang cukup lebar yaitu berkisar 1,5 x 15 x 188cm. Lantai kayu jenis ini sudah dilakukan tahap finishing dan UV coating dengan dilengkapi anti gores, akan tetapi harga yang dibandrol terbilang cukup tinggi karena biaya produksinya memerlukan biaya yang tinggi pula.

Papan tangga kayu merbau

Tangga merupakan kebutuhan yang penting untuk hunian rumah bertingkat, salah satu produk kayu merbau yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik anak tangga dirumah adalah papan tangga.Terdapat 2 jenis produk papan tangga merbau ini yaitu:

  • Papan tangga kayu merbau 1 layer (tanpa sambung)
  • Papan tangga kayu merbau 2 layer

Plint kayu merbau

Agar tampilan interior rumah lebih presisi dan mewah, kurang lengkap rasanya jika tidak menggunakan produk plint merbau ini. Karena produk yang satu ini berfungsi untuk melapisi bagian tepi lantai lebih tepatnya perbatasan antara lantai dan dinding.

Baik itulah dia pembahasan untuk kali ini, semoga artikel ini membantu menambah wawasan Anda tentang kayu merbau. Selamat menikmati hunian rumah dengan tampilan yang berestetika.