Yang harus diperhatikan jika memilih lantai kayu

Lantai kayu menurut Wikipedia adalah semua produk yang terbuat dari kayu yang dirancang sebagai penutup lantai,baik secara struktural atau estetika. Selain menggunakan kayu sebagai media utamanya,kini bambu pun bisa dijadikan penutup lantai yang elegan dan lebih baik dari kayu.
Sentuhan desain interior dengan menambahkan komponen kayu pada lantai adalah salah satu alternative pilihan yang bernilai seni tinggi. Namun dibalik keindahan memasang lantai kayu parket,ada plus minus nya yang harus Anda ketahui.
Lantai kayu sering mengalami goresan oleh benda tajam dipermukaannya,seperti goresan dari sepatu hak tinggi,pemindahan furniture yang diseret dll. Goresan ini lah yang kemudian menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran yang sulit dibersihkan. Cara membersihkan lantai kayu yang salah yang tidak mengindahkan petunjuk perawatan akan berdampak pada warna finishing kayu jadi pudar.

yang harus diperhatikan dalam memilih dan merawat lantai kayu parket

Selain itu keseringan mengepel lantai kayu dengan air basah dapat berakibat kayu cepat lapuk dan tidak tahan lama,karena air bisa menyerap hingga ke pori-pori kayu.
Sebelum memutuskan memasang lantai kayu parket sebaiknya perhatikan hal berikut :
  • Pilihlah jenis lantai kayu yang tepat.
    Lantai kayu secara garis besar ada dua jenis yaitu lantai kayu solid dan lantai kayu laminated. Lantai kayu solid adalah jenis lantai kayu yang terbuat dari kayu asli sedangkan lantai kayu laminated adalah jenis lantai kayu yang terbuat dari serbuk kayu yang diproses hingga membentuk bilah parket siap pakai. Lantai kayu solid lebih awet dan tahan lama jika dibanding dengan lantai kayu laminated,namun harganya lebih mahal. Selain harganya lebih murah,lantai kayu laminated lebih mudah dibersihkan karena permukaannya yang licin,debu dan kotoran tidak dapat masuk ke celah kayu.
  •  Rajin melakukan perawatan.Supaya nilai estetika lantai kayu tetap terjaga,maka diperlukan perawatan secara khusus pada saat membersihkannya. Membersihkan lantai kayu tidak jauh beda dengan membersihkan lantai keramik. Hanya butuh menyapu saja secara rutin,disarankan menggunakan vacuum cleaner namun alat tersebut harus diubah terlebih dahulu ke mode soft brush agar tidak merusak lapisan kayu. Jika terkena tumpahan air segera di lap jangan tunggu air merembes ke pori-pori kayu,gunakan kain microfiber yang bertekstur lembut untuk mengeringkannya.
Khusus untuk pembersihan menggunakan vaccum cleaner harus diperhatikan hal berikut
  1. Mengubah mode menjadi soft brush agar tidak merusak lapisan kayu.
  2. Mematikan sikat berputar agar tidak menggores lantai.
  3. Gunakan cairan pembersih khusus lantai kayu,jika sulit menemukan cairan pembersih khusus,bisa menggunakan bahan alami yaitu campuran air dan cuka.
Jangan terlalu sering mengepel lantai kayu cukup 1 – 2 Bulan sekali. Demikian semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: